Langsung ke konten utama

Cara Membuat Struktur Organisasi dengan Smart Art Microsoft Word

Struktur organisasi diperlukan untuk mengetahui gambaran sebuah organisasi. Kadang struktur organisasi ini memiliki banyak unit sehingga kadang menjadi sulit untuk digambar. Tetapi untungnya struktur organisasi jarang mengalami perubahan sehingga waktu kita tidak terlalu sering terbuang hanya karena harus menggambar struktur organisasi. :D Untuk mengatasi kerumitan saat menggambar struktur organisasi kita bisa memanfaatkan smart art yang ada di Microsoft Word 2007/2010. Untuk menggambar struktur organisasi dengan smart art di Microsoft word 2007 anda dapat menggunakan langkah berikut.

  1. Letakan kursor teks pada tempat atau posisi struktur organanisasi akan disisipkan.
  2. Klik menu ribbon Insert
  3. Kemudian klik tombol Smart Art yang ada pada grup Illustrations.
  4. Gambar: Cara mengakses tombol smart art di Microsoft Word 2007

  5. Selanjutnya anda akan diberikan dialog Choose a SmartArt Graphic
  6. Pada panel sebelah kiri pilih item Hierarchy
  7. Pada panel tengah pilih salah satu bentuk struktur organisasi yang akan anda buat.
  8. Pada panel bagian kanan anda akan melihat preview dan keterangan bentuk struktur organisasi tersebut.
  9. Klik tombol OK untuk menyisipkan SmartArt ke dalam dokumen anda.
  10. Gambar: Cara memilih smart art hirarki untuk membuat struktur organisasi di Microsoft Word 2007

  11. Selanjutnya edit dan ketikan jabatan yang ada dalam struktur organisasi pada SmartArt yang baru anda sisipkan
  12. Anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan gambar struktur organisasi dengan melakukan drag terhadap pada titik-titik sudut gambar SmartArt.



Gambar: Contoh hasil pembuatan struktur organisasi menggunakan Smart Art  di Microsoft Word 2007


Tips Cara Membuat Struktur Organisasi dengan Smart Art Microsoft Word

  • Bila anda ingin menambahkan atau mengedit jabatan struktur organisasi menggunakan editor teks sederhana, klik tombol yang ada pada border bagian kiri SmartArt.
  • Selain untuk membuat struktur organisasi anda juga bisa menggunakan SmartArt untuk membuat diagram lainnya seperti siklus, piramida, matriks dan lain sebagainya.
artikel tips dan trik microsoft word lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara Memadukan Teks dengan Gambar Foto di Ms Word

Penempatan tulisan dalam gambar dapat membuat tampilan dokumen akan menjadi semakin lebih menarik. Dengan menggabungkan atau memadukan gambar dan tulisan kita dapat mengembangkan kreasi dan inovasi yang kita miliki. Untuk menambah teks/tulisan atau ketikan pada gambar di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Sisipkan kotak teks (text box). Caranya klik menu ribbon insert ==> lalu klik Shapes , kemudian klik item Text box . Setelah itu klik dan drag untuk membuat kotak teks. Isikan tulisan pada kotak teks(text box) tersebut. Kemudian buat kotak teks tersebut menjadi transparan . Caranya klik kotak teks tersebut lalu pada menu ribbon Format klik tombol Shape Fill kemudian pilih item No Fill . Untuk mengetahui lebih lanjut lihat cara membuat kotak teks transparan . Kotak teks anda sekarang menjadi transparan. Atur agar posisi dan ukurannya sudah sesuai dengan gambar atau foto anda. Kemudian hilangkan garis / bingkai kotak dengan cara klik kotak teks tersebut

Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil

Saat membuat dokumen kadang kita menggunakan ukuran kertas Legal atau Folio ( F4 ) karena ukuran kertas tersebut merupakan ukuran standar di kantor kita. Tetapi bila stok kertas Legal atau Folio/F4 habis dan karena ada acara mendesak, oleh atasan kita tetap diminta mengeprint dokumen sekalipun pada kertas A4 atau letter (stok kertas yang ada) maka tentu mau tidak mau kita harus melaksanakan perintah tersebut. Bila kita mencetak langsung dokumen tersebut pada kertas yang lebih kecil ukurannya tentu sebagian isi dokumen bisa terpotong. Tetapi di Microsoft Word hal tersebut masih bisa diakali. Untuk mencetak dokumen tersebut kita tidak perlu mengubah ukuran kertas asli (legal atau Folio/F4) yang ada didokumen menjadi ukuran kertas yang tersedia (A4 atau letter) lalu mengedit kembali tampilan dokumen. Kita bisa melakukan pencetakan dengan menggunakan fasilitas Scaling dari Microsoft Word. Untuk mencetak dokumen dengan menggunakan scaling di Microsoft Word anda dapat menggunakan langkah b

Cara Mencetak Dokumen Ms Excel di Tengah-tengah Kertas

Microsoft Excel menyediakan fasilitas bagi kita untuk menampilkan data tabel kita ditengah-tengah kertas cetakan baik secara vertikal, maupun horizontal. SeEhingga kita tidak perlu mengatur posisi data secara manual terlebih dahulu. Cara membuat agar hasil cetakan microsoft excel ditengah-tengah kertas hasil print anda dapat menggunakan langkah berikut. Pertama-tama tampilkan dulu dialog page setup dengan cara klik menu ribbon Page Layout , lalu klik tombol page setup , atau untuk cepatnya anda bisa menekan tombol keyboard ALT+P,S,P Kemudian pada dialog Page Setup yang muncul, pilih tab Margin Pada grup Center On Page yang ada di bagian bawah dialog berikan tanda check pada item: Horizontally : untuk membuat tampilan hasil cetakan rata tengah (ditengah-tengah) secara horisontal atau mendatar Vertically : untuk membuat tampilan hasil cetakan rata tengah (ditengah-tengah) secara vertikal. Selanjutnya klik tombol OK untuk menutup dialog Page Setup . Tampilan cetakan (Prin