Cara Menjumlahkan Otomatis Nilai/Angka di Microsoft Excel

Cara Menjumlahkan Otomatis Nilai/Angka di Microsoft Excel. Hal yang paling umum dikerjakan saat mengetik di Microsoft Excel adalah melakukan penjumlahan angka, baik itu penjumlahan barang, uang, persentase penjualan, dan lain sebagainya. Microsoft Excel menyediakan fasilitas untuk menjumlahkan angka atau bilangan tanpa perlu kita susah-susah mengetik rumus penjumlahan terlebih dahulu. Anda dapat melakukan penjumlahan dengan cara berikut :
  1. Pilih lokasi dimana hasil penjumlahan akan diletakkan
  2. Klik ribbon home lalu pilih tombol autosum yang ada di grup editing
  3. Microsoft Excel akan langsung membuat rumus dengan bilangan atau angka yang akan dijumlahkan berada pada area yang bergaris biru (lihat gambar)
  4. Jika angka-angka yang akan dijumlahkan tersebut sudah benar (berada dalam kotak biru) maka anda dapat langsung menekan tombol enter. Bila belum benar, lakukan blok terhadap sel yang nilai atau angkanya akan dijumlahkan.
  5. Setelah itu tekan enter.
  6. Nilai hasil penjumlahan segera ditampilkan

Gambar: Cara melakukan penjumlahan di Microsoft Excel menggunakan fasilitas autosum

 

Tips Menjumlahkan Angka dengan Microsoft Excel

  • Untuk melakukan pergeseran area yang akan dijumlahkan (yang termasuk dalam kotak dengan garis biru), selain dengan memblok langsung anda juga dapat menggesernya dengan cara melakukan "drag" pada sudut kotak tersebut
  • Setelah penjumlahan dilakukan anda bisa melakukan proses copy/paste terhadap baris atau kolom lain yang serupa. Pada contoh di atas, anda lanjutkan dengan copy/paste untuk kolom kulkas, mesin cuci, dst.

Pemindahan blog

 
Artikel pada blog ini sedang dalam proses pemindahan ke www.cara.aimyaya.com