Tips dan Trik Sederhana Untuk Merawat Handphone (HP) Anda

Tips dan Trik Sederhana Untuk Merawat Handphone (HP) Anda. Dizaman sekarang, mulai dari orang dewasa hingga anak SD pun sudah banyak menggunakan Handphone (HP). Berikut ini merupakan Tips Jitu untuk merawat HP :

  1. JANGAN melakukan perubahan apapun yang dapat mengakibatkan hilangnya garansi HP.

  2. Catat nomor serial HP, baik nomor IMEI, maupun nomor pin code / PUK. Sekedar berjaga-jaga bila terjadi sesuatu.

  3. Hindari HP dari goncangan yang terlalu keras atau sering apalagi jika sampai jatuh atau terbentur benda keras lain. Gunakan tali, plastik anti gores, sarung / kondom / casing tambahan HP untuk mencegah dan/atau mengurangi dampak benturan ataupun goresan yang mungkin dapat terjadi pada HP.

  4. Pada saat pengecasan / charge baterei HP :

    • Buka sarung / kondom / casing tambahan atau bahan apapun yang menutupi permukaan HP terlebih dahulu, agar panas batere dapat dibuang/dikeluarkan dengan sempurna.

    • Lakukan cas(charge) ketika baterai benar-benar habis atau sudah ada peringatan "low-battery" pada HP.

    • Sebaiknya pada saat pengecasan dilakukan HP dalam keadaan mati.

    • Segera hentikan atau cabut charger bila baterai sudah penuh.

    • Kurangi atau hindari pengecasan HP di mobil sebab umumnya listrik yang dihasilkan kurang atau bahkan tidak stabil.



  5. Bersihkan pin konektor yang ada di HP (misal: untuk baterai) dengan menggunakan tisu atau cotton-butt secara reguler setiap 3 atau 6 bulan sekali. Jangan menggunakan cairan apapun bila anda tidak berpengalaman.

  6. Hemat baterai HP dengan berbagai macam cara seperti mematikan/mengatur bluetooth, infra red, brightness layar, screen saver, GPRS, vibrator, mengurangi main games, kamera aktif, MP3, fitur suara, radio dan banyak hal lainnya yang tidak perlu. Aktifkan fungsi-fungsi tersebut ketika akan dipakai saja dan setelah itu matikan kembali. Dengan mematikan blue tooth anda juga menghindari resiko pencurian data / akses yang tidak diinginkan.

  7. Matikan HP anda bila sedang melakukan perjalanan ke luar kota. Hal ini berlaku pada HP yang harus melakukan registrasi "combo" dan sejenisnya :) atau bila sinyalnya memang sudah diketahui kurang/tidak bagus :).

  8. Bila HP anda nge-drop, untuk sementara saat anda dapat mengatasinya dengan cara yang umum dipakai: bungkus batere HP tersebut dengan plastik dan diikat rapat. Kemudian masukkan ke dalam freezer selama 12 jam. Setelah itu keluarkan batere tsb. Bila ikatan rapat, batere HP akan kering. Bila basah lap terlebih dahulu. Biarkan beberapa saat agar suhu batere sesuai dengan suhu kamar / ruangan. Bila sudah, coba pasang pada HP dan nyalakan.

  9. Rawat LCD dari suhu panas dan dingin yang ekstrim, sebab akan mengurangi / menganggu kinerja LCD pada HP. Selain itu hindari tekanan berlebihan pada LCD (bisa berupa dari casing tambahan).

  10. Jauhkan HP dari benda-benda bermagnet atau yang mengandung medan magnet, seperti benda-benda elektronik TV, radio, tape dan lain sebagainya.
     

  11. Jangan meng-instal program / software yang aneh-aneh atau tidak perlu. Sebab bisa jadi akan berpengaruh / menganggu kinerja HP anda.

  12. Jagalah HP anda jangan sampai kemasukan air. Bila hal tersebut terjadi, jangan panik. Lakukan segera :


    • JANGAN DULU MENYALAKAN HP ANDA.

    • Buka HP anda, keluarkan baterainya.

    • Keluarkan air dengan mengguncangkan HP (jangan terlalu keras).

    • Keringkan dengan mengelap HP menggunakan cotton butt, tisu atau kain bersih. Jika punya, gunakan hair-dryer tapi jangan terlalu lama, agar efek panasnya tidak sampai merusak HP.

    • Jika ada kotoran atau noda, gunakanlah cotton butt.

    • Angin-anginkan HP tersebut selama 1 hari 1 malam atau hingga anda benar-benar yakin bahwa HP anda telah benar-benar kering.

    • Rakit kembali HP anda dan coba nyalakan.

    • Bila, masih tidak bisa bawa segera ke dealer resmi, jangan dicoba-coba oleh orang yang tidak ahli, sebab bisa jadi justru rusaknya akan bertambah parah.
       


  13. Hindari keluar-masuk / penggantian SIM CARD yang terlalu sering.

  14. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

  15. Saran saya, jika usia HP hampir 2 tahun, pertimbangkanlah untuk membeli / mengganti HP dengan yang baru. sebab Umumnya "kekuatan" HP yang maksimal rata-rata hanya dua tahun. Oleh karena itu gantilah HP anda (jual dan beli yang baru) sebelum harga HP yang lama jatuh karena rusak. ;)




Sumber : http://aimyaya.com/id/teknologi/tips-dan-trik-jitu-untuk-merawat-handphone-hp-anda/

 

Pemindahan blog

 
Artikel pada blog ini sedang dalam proses pemindahan ke www.cara.aimyaya.com