Langsung ke konten utama

Cara Mencetak Halaman Genap/Ganjil Saja di Ms Word

Pencetakan halaman dokumen bernomor ganjil atau nomor genap saja dapat sangat berguna. Pencetakan halaman genap dan ganjil biasanya digunakan untuk mengeprint dokumen secara bolak-balik di kertas. Biasanya pencetakan dokumen dimulai dengan halaman ganjil dan selanjutnya mencetak halaman genap di belakangnya. Untuk mencetak halaman ganjil atau halaman genap saja dari dokumen Microsoft Word anda dapat menggunakan langkah berikut..

  1. Klik Office button, lalu Sorot item Print. Selanjutnya klik item Print. Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P.
  2. Pilih Printer yang akan dipakai untuk mencetak.
  3. Isikan halaman yang ingin anda cetak pada kotak Pages. Sebagai contoh misalkan kita ingin hanya mencetak halaman 1 hingga 99. Bila anda ingin mencetak seluruh dokumen, pilih saja opsi All.
  4. Pada Kotak Print, isikan jenis halaman mana yang akan anda print. Pilih Odd Pages untuk mencetak halaman ganjil, atau pilih Even Pages untuk mencetak halaman genap. Misalkan anda mencetak halaman ganjil terlebih dahulu maka yang harus anda pilih adalah item Odd Pages.
  5. Pastikan sekali lagi bahwa apa yang anda isikan sudah benar, lalu klik tombol OK.


Gambar: Cara melakukan print / mencetak halaman ganjil atau halaman genap di Microsoft Word 2007



Tips Mencetak Halaman Ganjil atau Genap di Microsoft Word

  • Jika anda mencetak halaman genap, sekalipun halaman yang dipilih adalah 1-99 tetapi halaman yang akan dicetak adalah halaman 2 hingga 98.
  • Jika anda ingin mencetak bolak-balik maka anda harus ekstra hati-hati saat melakukan pencetakan untuk kedua (bagian belakang kertas). lihat juga Cara Cetak/Print Bolak Balik di Microsoft Word
.

Postingan populer dari blog ini

Cara Memadukan Teks dengan Gambar Foto di Ms Word

Penempatan tulisan dalam gambar dapat membuat tampilan dokumen akan menjadi semakin lebih menarik. Dengan menggabungkan atau memadukan gambar dan tulisan kita dapat mengembangkan kreasi dan inovasi yang kita miliki. Untuk menambah teks/tulisan atau ketikan pada gambar di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Sisipkan kotak teks (text box). Caranya klik menu ribbon insert ==> lalu klik Shapes , kemudian klik item Text box . Setelah itu klik dan drag untuk membuat kotak teks. Isikan tulisan pada kotak teks(text box) tersebut. Kemudian buat kotak teks tersebut menjadi transparan . Caranya klik kotak teks tersebut lalu pada menu ribbon Format klik tombol Shape Fill kemudian pilih item No Fill . Untuk mengetahui lebih lanjut lihat cara membuat kotak teks transparan . Kotak teks anda sekarang menjadi transparan. Atur agar posisi dan ukurannya sudah sesuai dengan gambar atau foto anda. Kemudian hilangkan garis / bingkai kotak dengan cara klik kotak teks tersebut

Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil

Saat membuat dokumen kadang kita menggunakan ukuran kertas Legal atau Folio ( F4 ) karena ukuran kertas tersebut merupakan ukuran standar di kantor kita. Tetapi bila stok kertas Legal atau Folio/F4 habis dan karena ada acara mendesak, oleh atasan kita tetap diminta mengeprint dokumen sekalipun pada kertas A4 atau letter (stok kertas yang ada) maka tentu mau tidak mau kita harus melaksanakan perintah tersebut. Bila kita mencetak langsung dokumen tersebut pada kertas yang lebih kecil ukurannya tentu sebagian isi dokumen bisa terpotong. Tetapi di Microsoft Word hal tersebut masih bisa diakali. Untuk mencetak dokumen tersebut kita tidak perlu mengubah ukuran kertas asli (legal atau Folio/F4) yang ada didokumen menjadi ukuran kertas yang tersedia (A4 atau letter) lalu mengedit kembali tampilan dokumen. Kita bisa melakukan pencetakan dengan menggunakan fasilitas Scaling dari Microsoft Word. Untuk mencetak dokumen dengan menggunakan scaling di Microsoft Word anda dapat menggunakan langkah b

Cara Mencetak Dokumen Ms Excel di Tengah-tengah Kertas

Microsoft Excel menyediakan fasilitas bagi kita untuk menampilkan data tabel kita ditengah-tengah kertas cetakan baik secara vertikal, maupun horizontal. SeEhingga kita tidak perlu mengatur posisi data secara manual terlebih dahulu. Cara membuat agar hasil cetakan microsoft excel ditengah-tengah kertas hasil print anda dapat menggunakan langkah berikut. Pertama-tama tampilkan dulu dialog page setup dengan cara klik menu ribbon Page Layout , lalu klik tombol page setup , atau untuk cepatnya anda bisa menekan tombol keyboard ALT+P,S,P Kemudian pada dialog Page Setup yang muncul, pilih tab Margin Pada grup Center On Page yang ada di bagian bawah dialog berikan tanda check pada item: Horizontally : untuk membuat tampilan hasil cetakan rata tengah (ditengah-tengah) secara horisontal atau mendatar Vertically : untuk membuat tampilan hasil cetakan rata tengah (ditengah-tengah) secara vertikal. Selanjutnya klik tombol OK untuk menutup dialog Page Setup . Tampilan cetakan (Prin