Cara Mengatur Margin Kertas di Microsoft Excel

Cara Mengatur Margin Kertas di Microsoft Excel. Margin menentukan batas tulisan pada kertas kerja. Bahkan pada saat pembuatan dokumen resmi penggunaan ukuran margin sudah ditentukan, misalnya untuk laporan skripsi, thesis, dan lainya. Misalkan kita ingin membuat dokumen Microsoft Excel dengan ukuran Margin kiri, atas, kanan dan bawah berturut-turut adalah 4, 4, 3, dan 3 centimeter (cm), maka anda dapat menggunakan langkah berikut.

  1. Pastikan unit standard yang di pakai di Microsoft Excel anda sudah sesuai, yakni menggunakan satuan metric, baik centimeter ataupun milimeter. Bila belum, anda bisa merubah satuan standard yang dipakai dari menggunakan unit inches menjadi menggunakan unit centimeter.
  2. Klik menu ribbon Page Layout
  3. Selanjutnya klik tombol margin yang ada pada grup page setup
  4. Pada popup menu pilih item Custom Margins.
  5. Kemudian pada dialog Page Setup yang muncul, Pilih tab Margins
  6. Lalu isikan kotak left dengan nilai margin kiri yakni 4 cm, kotak top dengan nilai margin atas (4 cm), kotak right dengan Margin kanan (3 cm) dan kotak bottom untuk margin bawah (3 cm).
  7. Setelah selesai klik tombol OK .
  8. Dokumen anda kini telah memiliki margin sesuai dengan yang anda isikan.

Gambar: Contoh Cara menentukan batas area pencetakan (margin kiri, margin atas, margin kanan dan margin bawah) di dokumen Microsoft Excel


 

Tips Mengatur / Merubah Margin di Microsoft Excel

Bila anda tidak mengganti satuan unit standar menjadi menggunakan centimeter, maka anda harus konversi terlebih dahulu nilai sentimeter ke dalam inci

artikel tips dan trik microsoft word lainnya.

Pemindahan blog

 
Artikel pada blog ini sedang dalam proses pemindahan ke www.cara.aimyaya.com