Langsung ke konten utama

Cara Membuat Dua Halaman dalam Satu Kertas di Ms Word

Kadang kita ingin membuat sebuah kertas baik itu A4, Folio/F4 atau yang lainnya, bisa menjadi dua halaman. Hal tersebut kita lakukan agar hasil pencetakan (print) menjadi lebih kecil dan praktis untuk dibawa-bawa. Kita bisa mencetak 2 buah halaman A4 dalam satu lembar kertas A4, tetapi pada kertas hasil cetak ukuran font yang dicetak tentu akan menjadi lebih kecil dari yang kita gunakan. Untuk menjaga agar ukuran font tetap dan hasil cetak tetap bisa dua halaman dalam satu kertas, maka anda bisa mengaturnya di Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut.

  1. Klik menu ribbon Page Layout,
  2. Kemudian klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup
  3. Gambar: tombol untuk menampilkan dialog Page Setup di Microsoft Word 2007

  4. Selanjutnya pada dialog Page Setup tersebut pilih tab Margin
  5. Kemudian pada bagian Orientation pilih Landscape
  6. Pada bagian Pages, isikan nilai Multiple pages dengan 2 pages per sheet
  7. Kemudian klik tombol OK.

Gambar: tombol untuk menampilkan dialog Page Setup di Microsoft Word 2007


Tips Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word

  • Anda bisa menggunakan cara membagi kertas tersebut disesuaikan dengan ukuran kertas yang akan anda gunakan, misalnya A4, Legal, Folio /F4, dan lain sebagainya.
  • Bila anda menggunakan Orientasi Portrait, maka halaman kertas akan dibagi dua menjadi bagian atas dan bawah, sedangkan bila menggunakan landscape maka halaman kertas akan dibagi menjadi bagian kiri dan kanan.

Lihat artikel microsoft word lainnya

Postingan populer dari blog ini

Cara Memadukan Teks dengan Gambar Foto di Ms Word

Penempatan tulisan dalam gambar dapat membuat tampilan dokumen akan menjadi semakin lebih menarik. Dengan menggabungkan atau memadukan gambar dan tulisan kita dapat mengembangkan kreasi dan inovasi yang kita miliki. Untuk menambah teks/tulisan atau ketikan pada gambar di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Sisipkan kotak teks (text box). Caranya klik menu ribbon insert ==> lalu klik Shapes , kemudian klik item Text box . Setelah itu klik dan drag untuk membuat kotak teks. Isikan tulisan pada kotak teks(text box) tersebut. Kemudian buat kotak teks tersebut menjadi transparan . Caranya klik kotak teks tersebut lalu pada menu ribbon Format klik tombol Shape Fill kemudian pilih item No Fill . Untuk mengetahui lebih lanjut lihat cara membuat kotak teks transparan . Kotak teks anda sekarang menjadi transparan. Atur agar posisi dan ukurannya sudah sesuai dengan gambar atau foto anda. Kemudian hilangkan garis / bingkai kotak dengan cara klik kotak teks tersebut

Cara Mencetak Dokumen Ms Excel di Tengah-tengah Kertas

Microsoft Excel menyediakan fasilitas bagi kita untuk menampilkan data tabel kita ditengah-tengah kertas cetakan baik secara vertikal, maupun horizontal. SeEhingga kita tidak perlu mengatur posisi data secara manual terlebih dahulu. Cara membuat agar hasil cetakan microsoft excel ditengah-tengah kertas hasil print anda dapat menggunakan langkah berikut. Pertama-tama tampilkan dulu dialog page setup dengan cara klik menu ribbon Page Layout , lalu klik tombol page setup , atau untuk cepatnya anda bisa menekan tombol keyboard ALT+P,S,P Kemudian pada dialog Page Setup yang muncul, pilih tab Margin Pada grup Center On Page yang ada di bagian bawah dialog berikan tanda check pada item: Horizontally : untuk membuat tampilan hasil cetakan rata tengah (ditengah-tengah) secara horisontal atau mendatar Vertically : untuk membuat tampilan hasil cetakan rata tengah (ditengah-tengah) secara vertikal. Selanjutnya klik tombol OK untuk menutup dialog Page Setup . Tampilan cetakan (Prin

Cara Menyisipkan Simbol Matematika alfa, beta, gamma di Ms Word

Untuk membuat simbol anda bisa menggunakan tombol command symbol yang ada di menu ribbon Insert . Selain itu anda juga bisa menggunakan fasilitas AutoCorrect yang disediakan oleh Microsoft Word . Untuk membuat persamaan rumus matematika yang rumit anda bisa memanfaatkan Equation Editor , tetapi saat menerangkan satu persatu simbol dari rumus tersebut tentunya tidak efektif bila menggunakan Equation Editor. Tentunya akan lebih cepat jika anda mengetikan: "alpha" (tanpa tanda petik) untuk menyisipkan simbol alpha (α), "beta" (tanpa tanda petik) untuk menyisipkan simbol simbol beta (β), "gamma" (tanpa tanda petik) untuk menyisipkan simbol gamma (γ), dan simbol-simbol matematika lainnya. Berikut sebagian dari daftar simbol matematika yang bisa anda pakai untuk menyisipkan simbol matematika di dokumen Microsoft Word. Tips Cara Menyisipkan Simbol Matematika alfa, beta, gamma di Ms Word Untuk menyisipkan simbol-simbol matematika tersebut anda harus m